Tuesday, March 28, 2006

Anak kecil saja, tahu kalau tebang pohon salah !!

Tadi sekitar jam 2.30, aku ijin keluar kantor karena mau bimbingan ke kampus. Di depan kantor, jalanan Cihampelas sedang macet banget, dan setelah angkutan Cicaheum-Ciroyom, yang aku tumpangi melaju sejauh 50meter, ternyata biang kemacetan ada di situ. Sebuah pohon besar di pinggir jalan ternyata sedang dipangkas sampai benar2 botak. Dahan-dahan berserakan di jalan, dan kebisingan gergaji mesin memotong-motong kayu memenuhi jalanan sekitar pohon itu.
Angkot yang penuh dengan anak SMP dan SMA, melaju dengan lambat untuk melewati adegan penebangan pohon. Dalam hati, muncul protes, kok di tebang sih? Tapi tiba-tiba seorang anak sekolah perempuan bilang kepada temannya, "kok pohonnya ditebang ya? kan jadi panas?"

Aku mengiyakan pendapat adik itu, dan berpikir "anak kecil saja tahu kalau tebang pohon salah dan akan membuat udara semakin panas, masakan pemda kota Bandung ini tidak memperhatikan itu". Entah apa yang menjadi penilaian pemda sehingga pohon yang memberikan kesejukan itu harus digunduli.

Sewaktu kembali ke kantor, aku menceritakan ke teman2 kalau ada pohon besar yang dipangkas habis di pinggir jalan gak jauh dari kantor. Mas Wahyu juga mengiyakan, karena ternyata tadi dia juga melihat adegan penebangan kayu besar itu. "Berapa mereka membayar supaya pohon itu di tebang ya?" terkadang untuk kepentingan bisnis pribadi, orang memang mau membayar supaya kepentingan orang banyak ditindas. Mas Wahyu juga bilang kalau tahun 2002, Pemda memberikan izin menebang pohon yang mengganggu yang terdapat di pinggir jalan, dengan ganti rugi sejumlah 30juta. Coba kalau saat ini, sudah tahun 2006, kalau memang penebangan pohon itu ada yang menginginkannya karena menggangu usahanya, berapa coba yang dia harus bayar ke pemda?

Pemerintah ini juga aneh-aneh saja, kadang melihat uang langsung teredam hati nuraninya. Bahkan sesuatu yang anak kecil tahu kalau salahpun sudah tidak tahu lagi mereka apakah itu salah atau benar, bener juga kali yah...kalau manusia ini juga jadi tidak tahu membedakan tangan kanan dan tangan kiri..semua serba kabur.

No comments: