Tuesday, December 12, 2006

Terapung Cafe, Ulee Kareng, Banda Aceh

Duduk berdua dengan Yose, menghirup isi gelas berisi Capucino yang ada di hadapan masing-masing kami. Ini kujunganku yang ke dua ke Cafe yang ada di Ule KAreng ini. Yang pertama ketika makan bareng Roni dan Wardi. Menjelang akhir masa-masa di Banda, aku senang sekali mengunjungi Cafe ini dan bisa makan bareng ma Yose, walaupun BMM..hehehe. Memang gak banyak hal yang kami diskusikan, namun saat itu menjadi moment yang sangat baik untukku. Perjalanan masih panjang yang harus dijalani di depan. Kita masih muda dan juga memiliki semangat yang tinggi untuk menaklukkan halangan di depan.

List panjang yang sudah kita buat, dan juga saling membagi supaya saling mengingatkan ke depannya. Berharap ini menjadi satu komunikasi untuk saling mengingatkan terus ke depannya.

Mie pesananku sudah habis, dan Yose masih mengaduk2 sambil makan sedikit demi sedikit membuat coelan melalui ujung sendok pada pisang keju yang dia pesan. Sruuppp...kopi di gelasku sudah habis. Tapi masih ada sebotol Aqua yang menunggu untuk dipindahkan ke dalam perut untuk membersihkan mulut dan tenggorokan dari bekas kopi yang manis yang terakhir diminum.
Ya..gak terasa sudah lima bulan kita berpartner. Yoselina Br Ketaren adalah penasihat yang baik. Teman kerja yang sangat profesional, jurusan psikologi dan ini membuat aku semakin bersyukur menjadi rekan kerjanya. Sebagai trainer motivasi dan pengembangan diri, boleh dibilang kalau aku memang tidak punya latar belakang pendidikan yang bisa aku andalkan. AKu lulusan teknik elektro, dan hanya mengandalkan pengalaman sering memotivasi orang lain dan pengalaman belajar mengembangkan diri sendiri dalam hal menolong orang lain untuk mengembangkan diri, selama ini.
Selama di ITHB, aku memang kadang bertindak sebagai guru BP aja...aku mengundang semua mahasiswa untuk datang ke ruanganku. Biasanya ada jadwalnya. Aku sangat menikmati ketika berbicara secara pribadi dengan mahasiswaku. Mengetahui latar belakang keluarganya, kesibukan orang tuanya, pola belajar mahasiswa, dan juga banyak hal yang ingin aku gali untuk mengenal mahasiswa yang aku didik. HAsilnya selama aku di ITHB, aku merasa kenal dengan mahasiswa dan ini sangat menolong untuk memotivasi mereka. Jujur..mungkin pembelajaran yang akan selalu aku ingat untuk perkembanganku selama di ITHB adalah melakukan pembicaraan untuk mengenali mahasiswa ini. Aku lihat kalau mahasiswa juga sangat senang ketika diajak ngobrol dan dimotivasi untuk tetap berjuang dalam study. Hal ini terbukti ketika ada yang belum dipanggil..pernah ada yang datang dan bilang, "Jadwal saya kapan Bu?"
Yah...itulah pembelajaran yang menjadi pilihan sendiri ketika bekerja. KArena kampus tidak menuntut untuk melakukan itu, tapi itu adalah pilihan sendiri.
Tadi aku juga bilang ke Yose, supaya menentukan semua kegiatan PD selama akhir bulan ini. Membuat jadwal mentoring dan juga menentukan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk tahun depan.
Tahun depan...sudah bentar banget lagi ya? AKu sudah tidak sabar, ingin banget pulang ke rumah. AKu akan memulai derapku di Medan... Aku tahu panasnya kota Medan akan membuat nyala semangatku untuk belajar, berkembang dan berdampak semakin menyala. Lebih dari itu..DIA yang aku puja, akan selalu menuntunku dan menolongku dalam semua perjalananku ke depan.

No comments: