Thursday, January 22, 2009

Hari yang Indah...


Memiliki kesempatan berbicara kepada ratusan siswa-siswa SMA N 1 Kabanjahe, Senin 19 Jan 09, menjadi hal yang sangat berarti bagiku. Tidak dilewatkan dengan motivasi supaya tetap semangat belajar. Berjuang dan bertahan dengan selamat beberapa saat akan membuat kita menikmati hasil perjuangan itu lebih lama. Saat ini ketika masih duduk di bangku SMA, tentu kesempatan berjuang itu ada beberapa bulan lagi buat yang kelas tiga, setahun lebih bagi kelas 2 dan dua tahun lebih sedikit lagi bagi yang kelas 1. Berjuanglah supaya bisa masuk ke perguruan tinggi yang terbaik di Negeri ini.

Ketika perjuangan itu nanti sudah menghasilkan buah...tetaplah bertahan sekitar 4-5 tahun lagi. Belajar keras dan jangan ditanggung-tanggungi. Maka hasilnya juga tidak akan tanggung-tanggung. Akan menghasilkan orang-orang yang merupakan SDM yang kompeten dan tentunya tidak akan menambah beban negara ini dengan pengangguran. Saya yakin siswa-siswa SMA yang mau berkomitmen dari sekarang untuk berjuang akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan ketika lulus nanti. Bukan hanya mendapatkan pekerjaan, namun juga mampu membuka lapangan pekerjaan.

Berani untuk sementara kesulitan, kelelahan dan kecapain untuk sebuah perjuangan. Maka tiba waktunya, akan lebih lama kita menuai hasil perjuangan itu. Jangan ditanggung-tanggungi ketika sedang menjalani proses pembelajaran. Lakukanlah sampai maksimal. Bukan orang lain, bukan guru-guru yang akan merasakan hasil perjuangan itu, tetapi diri sendiri. Namun kalau waktu ini dibiarkan berlalu begitu saja dan belajar seadanya saja, maka bukan orang lain juga yang rugi..tapi diri sendiri yang akan menuai hasilnya di masa depan.

Suatu hari yang indah ketika memiliki kesempatan menyampaikan pesan itu untuk memotivasi pelajar-pelajar itu berjuang untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Terima kasih Tuhan, terima kasih Alumni Karo ITB...

2 comments:

Anonymous said...

Wow..
dalam acara apa nih nom?
Salut...moga para junior itu msh ingat dengan pesan-pesanmu?
Ada foto lain gak? kirim ke milis dong.....

Nomi br Sinulingga said...

halo Jhon...
Kemarin alumni Karo ITB memberikan beasiswa kepada siswa SMA Negeri 1 Kabanjahe yang juara 1,2 dan 3 kelas 1, 2 dan 3. Jadi ada 9 orang yang dapat beasiswa ini.
Karena aku yang lumayan dekat dengan Kabanjahe dan sering mondar-mandir di Kabanjahe, Jadi aku sama Andi (masih mahasiswa di ITB saat ini) yang kemarin menjadi perpanjangan tangan Karo ITB ke SMAN 1 Kabanjahe.
Gitu Jhon...hehehe