Saturday, January 14, 2006

Manusia yang unik dalam kerumunan

Semua manusia adalah ciptaan yang unik. Tidak ada pernah dua yang persis sama sepanjang sejarah ini. Bahkan anak kembar identikpun pasti memiliki perbedaan, yang menjadikannya pribai yang unik. Manusia yang ada di zaman batu sampai zaman modern era nano teknologi ini, pasti tidak ada yang sama, bukan? Manusia diciptakan berbeda dari satu dengan satu yang lain. Betapa hebat dan kreatifnya pencipta kita ya? Dia menjadikan manusia yang tidak terhitung banyaknya selama dunia ini ada, namun tidak ada yang persis sama.

Manusia yang dijadikan berbeda satu dengan yang lain, juga dijadikan merupakan mahluk sosial yang tidak bisa terlepas satu dengan yang lain. Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri dan terasing dari yang lain karena alasan dirinya unik dan berbeda dengan yang lain. Keunikan ini bukan keanehan dan kegilaan yang membuat kita membunuh sisi kemanusiaan yang lain. Manusia yang uni ini diwadahi dalam komunitas supaya keunikan itu menjadi lebih bertumbuh dan berkembang sebagai suatu kekuatan diri.

Sebagai manusia yang unik..kita hrus tetap dalam komunitas, namun tradisi kelompok sering mematikan keunikan kita. Untuk tetap menjaga perjalanan kehidupan kelompok sering sekali juga mengharuskan kita menyangkal keberbedaan diri kita sendiri. Untuk melanjutkan tradisi, kita juga harus mematikan keinginan diri yang berbeda dengan lingkungan.

Keunikan ini hanya akan bertumbuh dalam komunitas yang penuh tantangan..untuk menjadi diri sendiri. Menarik diri dari kelompok tidak akan memunculkan keunikan yang berkualitas. Namun tenggelam dengan nilai-nilai kelompok tanpa menyadari keunikan diri akan menjadikan kita manusia yang biasa dan tidak menjadi diri sendiri.




No comments: