Sunday, May 13, 2007

Bercerminlah pada usiamu…

Masalah adalah tanpa kehidupan. Selagi denyut nadi masih berdetak, masalah akan selalu menyertai. Satu-satunya orang yang tidak mempunyai masalah adalah orang yang sudah dikubur. Menjalani kehidupan bersama Tuhan akan memberikan kita kebajikan dalam memecahkan setiap masalah.

Ada orang yang menghindar dari masalah.
Ada orang yang kalah karena masalah.
Ada orang yang berjuang mengatasi masalah kehidupan ini dan muncul menjadi pemenang.

Setiap tahap memiliki masalahnya masing-masing. Masalah yang dulu rasanya membuat kita mati akal dan merasa tidak berdaya, mungkin pada saat ini bukan menjadi masalah lagi. Kita sudah menang akan hal itu. Namun menang dari suatu masalah bukan berarti hidup menjadi tidak ada masalah. Masalah masih ada saja, dan kita mungkin mengalami satu keadaan kesulitan, kebingungan dan juga perjuangan untuk menyelesaikannya. Hingga akhirnya kita akan menang dan sudah beranjak lagi ke tahap yang lain dalam hidup.

Masalah akan mendewasakan pribadi.

Untuk menemukan tanah yang baru, terkadang harus kehilangan pemandangan pantai untuk waktu yang amat lama.

Masalah akan menghantar seseorang kepada mimpinya dalam keyakinan akan keindahan mimpi itu dan mau melalui kehidupan yang dalam prosesnya sering tidak indah. Namun semangat dalam jiwa seperti gunung berapi yang dipuncaknya rumput keraguan-raguan tidak dapat tumbuh, kata Kahlil Gibran.

Menjadi tua itu pasti, namun menjadi pribadi yang dewasa adalah suatu pilihan. Bagaimana kita menghadapi masalah akan memberikan pengaruh yang besar dalam kedewasaan hidup.

No comments: