Wednesday, March 05, 2008

Susu Murni, TK dan yayasan

Jualan selalu mengasikkan dan memberikan warna-warna pengalaman yang beragam. Apalagi kalau jualannya door to door...hmmm menariklah pokoknya. Sebenarnya menarik kalau dinikmati dan jagan lihat menawarkan barang dagangan itu hanya sekedar jualan...tapi lihat jauh ke depan. Dari sudut pandang masa depan, maka jualan susu ini sangat menarik dan indah.

Susu sangat penting untuk anak-anak. Biasanya TK ada hari yang terjadwal untuk minum susu. Dengan semangat empat lima dan menyingsingkan lengan baju...kunjungan ke TK-TKpun dimulai. jadwal dibuat dengan baik supaya tidak ada TK yang tertinggal untuk ditawarkan susu. Masih TK yang pertama...kunjungan yang membutuhkan sedikit kesabaran dan senyum yang tiada habis. Dimulai dari satpam yang tidak mengijinkan masuk ke dalam lingkungan TK...namun karena pertanyaan yang terlontar, kepada siapa harus minta ijin supaya bisa ketemu kepala sekolah..membuat dia kesal juga. Akhirnya dengan muka lurus dia mengijinkan masuk dan menunjuk2 dari gerbang ruang kepala sekolah.

Pembicaraan yang membingungkan. Ketua yayasan meminta mendapatkan sesuatu dari calon orang tua murid yang akan menjadi pelanggan. Hmm...beberapa kali dia mengatakan kamu harus belajar banyak. Keliatan sekali kamu tidak tahu marketing. Diam membisu dan hanya tersenyum menjadi bemper menghadapi kalimat-kalimat yang terlontar. Sudah nyambungnya, kamu masih polos sekali. Hmmm...dari tadi pesan sudah diterima dengan baik. Hanya saja sedang mencari cara menghindari permintaan itu.

Ketua yayasan yang berbicara pendidikan dan juga mutu bagi anak-anak sedang menjerat orang lain dengan kalimat-kalimat bermutu yang menguntungkan dirinya sendiri. Hmmm...pembicaraan sudah dua jam dan harus segera diakhiri. Saat pertemuan berakhir, keinginan sang ketua hampir 90% terpenuhi. Hanya saja masih ada 10% yang masih perlu dipastikan. Masih ada celah, sehingga celah itu lebih baik dibiarkan tetap tidak tertutupi sehingga semua akan baik-baik saja dan berjalan normal. Tidak ada yang diuntungkan sepihak dan yang lain masuk ke dalam ikatan perjanjian yang akan mengisapnya.

Hmmm....awal kenalan dengan ibu2 yang mengurusi TK ini akan mempermudah kenalan dengan TK2 yang lain.. Selamat kenalan dengan dunia TK...hehehe. Kagak nyambung pun !

1 comment:

Anonymous said...

hai Kak Nomi..
Saya Eva Agustin, berkuliah di Universitas Pelita Harapan, saya sedang melaksanakan skripsi dengan judul "Kampanye Minum Susu" dengan target market anak-anak usia SD. Saya terbentur kurangnya data-data. Kak Nomi bisa bantu saya?Yayasan apa saja yang menaungi kampanye minum susu?
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih,
Kak Nomi bisa kontak saya di:
email: evelyn_10887@yahoo.com
glossy_va@hotmail.com

saya mohon bantuanya, terima kasih