Wednesday, November 02, 2005

Kehidupan Spiritualitas

APA YANG SAYA KETAHUI TENTANG SPIRITUALITAS
Oleh : Nomi Sinulingga

Spiritualitas adalah kehidupan kerohanian orang percaya. Orang yang sudah menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamatnya secara pribadi harus bertumbuh dalam iman dan berubah kehidupannya dari kehidupan yang lama menjadi kehidupan yang baru. Kehidupan yang baru ini tentunya mengalami proses dalam perubahannya. Untuk memiliki kehidupan spiritualitas yang sehat dan baik maka kehidupan orang-orang percaya tidak boleh lepas dari pembacaan Alkitab dan doa. Kita mengetahui kehendak Allah melalui pembacaan firman Tuhan untuk mengarahkan kehidupan kita. Melalui doa kita berkomunikasi dan mengucapkan syukur, dan segala sesuatu yang ada di dalam hati kita kepada Allah. Allah sangat merindukan orang-orang percaya memiliki kehidupan doa yang sungguh-sungguh.


Spiritualitas itu tidak hanya berhenti di hal-hal yang rohani seperti berdoa, membaca firman Tuhan dan beriman kepada Allah. Tetapi kehidupan orang-orang yang bertumbuh secara rohani akan menunjukkan buah-buahnya yang bias dilihat orang lain dalam hidupnya. Kehidupan yang berbuah dan menjadi berkat dimana saja adalah satu sisi yang menunjukkan kehidupan spiritual. Spiritualitas itu menyeluruh dan tidak terbatas dalam kehidupan, tetapi akan mewarnai seluruh hidup mulai dari pola pikir, bersikap dan berkata-kata.

Spiritualitas akan menuntut kehidupan yang berdisiplin dalam hal doa, pembacaan firman Tuhan dan menjadi pelaku firman Tuhan. Spiritual juga mengarahkan kehidupan yang memiliki sikap dan nilai-nilai moral yang baik. Orang percaya bisa bertumbuh dalam hal spiritualitas hanyalah karena pimpinan Roh Kudus dan mau memaksa diri dalam disiplin menjadi pelaku firman Tuhan. Menerima pimpinan Roh Kudus dan belajar bergantung sepenuhnya pada Tuhan dalam hidup ini akan membuat orang percaya bukan menjadi seperti orang-orang dunia tetapi berbeda dan mampu hidup kudus ditengah-tengah dunia yang menuju kebinasaan ini.

Saya menyadari spiritualitas itu bukan berarti hanya tahu firman Tuhan, dimana Firman Tuhan dan ajaran kebenaran itu berhenti menjadi pengetahuan belaka. Tetapi spiritualitas adalah memiliki pengetahuan mengenai Allah dan menghidupi ajaran kebenaranNya itu dalam kehidupan sehari-hari dengan pertolongan Roh Kudus.

No comments: