Tuesday, November 08, 2005

Perkembangan Fisik Dewasa Awal

Musim hujan sudah mewarnai penghujung tahun ini. Kemarin kena hujan sedikit rasanya langsung gak enak badan. Beberapa minggu belakangan ini aku sedang mempelajari pemkembangan psikologi untuk dewasa awal. Aku tertarik membatasi pencarian informasi pada dewasa awal karena saat ini aku berada pada tahap ini. Jadi ingin mendapat dua keuntungan sekaligus, yaitu mendapat informasi yang banyak tentang dewasa awal dan kedua adalah semakin mengenali diri dalam proses perkembangannya, baik dalam hal pisik, kognitif, sosial, moral, iman dan bagaimana pembelajaran yang baik pada tahap ini.

Karena berhubungan dengan musim hujan begini, ingin rasanya mencoba mengaitkan setitik pengetahuan yang di dapat tentang keadaan fisik orang dewasa awal dengan kesehatannya. Dewasa awal ini ada yang mengatakan mulai umur 18 tahun sampai 40 tahun, tapi ada referensi lain yang mengatakan mulai 20-40 tahun. Masa dewasa awal yang merupakan kelanjutan masa remaja yang sibuk mencari jati diri kini sudah lebih stabil dan mulai sibuk dalam penempatan dirinya ditengah-tengah masyarakat. Secara phisik dewasa awal sudah selesai dalam perkembangannya, tetapi kemampuan pisiknya semakin meningkat pada masa ini. Atlet lari memiliki prestasi paling baik pada masa dewasa awal. Juga hampir semua olahragawan berprestasi terbaik pada masa ini, karena kondisi kemampuan pisik paling puncak adalah tahun-tahun sebelum mencapai usia 30an.

Pada puncak kemampuan fisik ini, tubuh cepat memulihkan dirinya ketika mengalami cedera atau kelelahan. Tubuh memiliki kemampuan yang lebih kuat, dan terkadang jauh dari kata letih. KEmampuan fisik yang maksimal ini akan sangat disayangkan kalau tidak digunakan tetapi sebaliknya kita bermalas-malas tanpa mengerjakan apapun. Fisik yang lelah akan segera memulihkan keadaannya, tetapi ada batas-batas yang harus diperhatikan. Fisik yang terus dipaksa beraktivitas mungkin akan melewati batas pemulihannya bisa mengakibatkan sakit pada masa penghujung masa dewasa awal ini atau pada masa dewasa madya (40-60thn).

Selain merupakan puncak kemampuan fisik, pada dewasa awal juga mulai terjadi penurunan kemampuan pisik. Kalau sudah terjadi penurunan kemampuan fisik dalam beraktivitas maka kita perlu memperhatikan supaya bisa tetap memiliki tubuh yang sehat. Makanan yang sehat dan bergizi serta olah raga yang teratur akan membantu menjaga stamina tubuh. Porsi makanan yang diperlukan tubuh mada masa ini sebenarnya tidak sebanyak makanan yang diperlukan tubuh pada masa remaja. Porsinya seharusnya semakin berkurang, tetapi ketika orang-orang dewasa awal sudah mampu mandiri dan mampu membeli makanan yang diinginkannya, maka hal inilah yang menyebabkan masa dewasa awal sering bermasalah dengan berat badan. Sehingga pada usia ini diet adalah topik yang hangat dan menarik.

Tubuh kita adalah dokter yang paling baik dalam memperbaiki dan mengobati dirinya. Selama memasuki dewasa awal ini, saya merasa selalu memiliki kondisi tubuh yang fit dengan semua aktivitas dan sering dengan tidur yang kurang. Kalau mengalami sakit, paling flu atau demam sedikit dan sering sekali istirahat yang cukup dan makan yang bergizi dan cukup akan mengembalikan stamina tubuh. Tetapi ketika kemarin terkena hujan sedikit, dan langsung rasanya enggak enak badan saya berpikir, mungkin kondisi fisik sudah menurun. Hal ini salah satu untuk mengenali diri, dan mengatur aktivitas yang benar untuk menjaga kebaikan diri sendiri juga.

Ini sebagian kecil yang sudah saya ketahui mengenai keadaan fisik dan senangnya bisa dibuat untuk mengenali diri sendiri dalam menjaga kesehatan dan memahami orang lain. Bersyukur juga rasanya selama ini bisa memanfaatkan kekuatan fisik seoptimum mungkin dan sekalipun nanti sudah tidak bisa berajtivitas sebanyak sekarang pasti yang keluar dari hati yang terdalam adalah ucapan syukur dan cukup memusatkan diri pada aktivitas sesuai dengan masanya.

jadi kalau masih mampu secara fisik untuk bisa melakukan banyak aktivitas, tetaplah semangat dan lakukan seoptimumnya tetapi tentu saja tetap diperhatikan jangan sampai melewati batas yang bisa mengakibatkan efeknya nanti terasa pada waktu2 mendatang. Tetapi akan sangat disayangkan apabila kita memiliki kemampuan fisik yang maksimum untuk melakukan banyak hal tetapi kita tidak melakukan apapun, mungkin suatu saat kita akan menyesal dan ketika kita ingin melakukan banyak kegiatan tetapi keadaan fisik kita sudah tidak mendukung.

So...tetap semangat, lalukan hal-hal yang positif dan perhatikan kesehatan.

No comments: