Friday, November 18, 2005

NdCharo, Buku & Artikel

Beberapa hari ini kepikir untuk menambahkan blog yang lain yang lebih serius dibandingkan "Mewarnai Perjalanan Hidup". Blog ini kemarin ditambahkan dengan nama "NdCharo, Buku & Artikel".
NdCharo adalah panggilan untukku karena aku beru Karo Sinulingga. Sebagai orang batak Karo dengan marga (beru) Sinulingga, sebenarnya kami punya panggilan khusus "Corah". Tapi lebih ingin sedikit lebih luas memakai Nd Karo dari pada Corah.

Buku, karena ingin rasanya membuat ringkasan buku yang sudah selesai dibaca. Jadi lumayan juga nanti bisa mengingat sedikit dari buku yang dibaca. Sebenarnya aku jarang sekali menggarisi buku-buku yang aku punya, ketika membaca buku, aku menyediakan kertas dan pensil di dekatku dan setiap ada kalimat atau kutipan yang menurutku bagus, biasanya aku catat dan setelah buku selesai diakhirnya aku akan perjelas kutipan dan catatan itu sumbernya buku yang mana.

Sejak tahun 2002, aku mulai serius dengan buku-bukuku. Sebelumnya sering sekali aku meminjamkannya dan tidak kembali. Tapi sejak tahun 2002, aku mulai membuat perpustakaan sendiri di rumah dan ada satu lemari buku yang saat ini mungkin sudah berisi hampir 300 buah buku. Buku ini aku labelin dan nomerin dengan kode Axxx dan Bxxx. A aku berikan untuk kategori buku umum, rohani, novel, teologia, dll. Kategori B aku berikan untuk buku-buku bidang kompetensiku seperti buku2 IT dan buku2 telekomunikasi, diktat kuliah, jurnal-jurnal Elektro, dll. Di badan buku aku tempelin identitasnya, dan sebuah buku catatan aku memasukkan data-data buku dengan id-nya. Misal kode A001 ini menunjuk buku apa dengan data pengarang, judul buku, penerbit dan tahun penyetakannya. Dengan data seperti ini, aku masih bisa mengecek buku apa saja yang tidak ditempat dan menelusuri kembali siapa yang pinjam.

Artikel, mulai sekarang ingin lebih serius dengan pengembangan diri di kompetensiku sendiri. Jujur selama ini aku lebih banyak mengembangkan soft skill, sedangkan kembali ke hard skill ku kali yah. Sebagai dosen, aku mencoba menulis bukan hanya apa yang ada di dalam pikiran, tetapi juga ingin serius penelitian dan menulis artikel untuk pengembangan diri. Melalui blog yang baru ini, ingin rasanya memposting artikel tersebut. Tapi artikel disini tidak hanya dibatasi pada bidang Telekomunikasi atau Jaringan Informasi tentunya. Ingin juga tetap memosting artikel-artikel yang diluar bidang ini, dan senangnya kalau bisa membuat artikel yang bisa memotivasi, atau artikel yang berhubungan dengan iman kepercayaanku. Jadi boleh dibilang artikel yang ditulis adalah artikel yang menjadi pemikiran dan mewarnai perjalanan hidupku.

1 comment:

Hesti said...

Hebat..tetap semangat ya!