Saturday, September 17, 2005

Hidup itu apa?

Apakah yang dimaksud dengan hidup?
tidak ada yang bisa memberikan jawaban.. Manusia hanya mengerti dan mengenali gejala kehidupan, tapi hidup itu sendiri adalah sesuatu yang sulit untuk didefenisikan. "Mewarnai perjalanan hidup" kalimat yang sering aku ucapkan jauh sebelum aku memulai ikutan ngeblog seperti ini. Yah...aku sering sekali menimbang-nimbang hidup, tapi bener...sampai saat ini aku belum mengerti hidup. Bahkan gejala hidup yang bisa dipejalaripun belum mampu aku pelajari.

Banyak wanita yang belum menikah dan sepertinya didera perasaan yang sulit dijelaskan yang membuat dia mulai berpikir ke arah yang berbeda dari yang kebanyakan di generasi yang lalu. Apakah hidup berarti harus menikah? apakah menikah itu adalah satu tujuan yang sepertinya harus dicapai dalam hidup? Dan bagaimana dengan umur? apakah ada umur yang distandarkan masyarakat yang harus diikuti untuk menikah yang kita kenal dengan usia menikah. Mungkin pertanyaan ini akan mengecewakan para orang tua...walaupun pertanyaan itu terlontar bukan karena tidak ingin menikah. Menikah itu adalah pilihan dalam hidup ini. Kalau mau menikah, persiapkan diri...tapi bukan tujuan hidup harus menikah pada umur sekian sehingga seperti kejar target saja.

"Beranak cucu dan bertambah banyak, penuhi bumi dan taklukkanlah itu" sering menjadi dasar suatu pernikahan. Tapi apakah sekarang ini bumi ini belum penuh? manusia bukan hanya menaklukkan bumi, bahkan angkasa luar juga mulai dijelajah. Hidup memiliki prinsip sangat baik, tetapi kalau prinsip itu menjadi penjara dalam hidup ini sebaiknya pikirkan kembali..apa prinsip kita itu. Orang yang memiliki prinsip yang baik adalah orang yang paling mudah untuk berubah dalam kehidupan bukan prinsipnya yang berubah tetapi pola pikir dan penerimaan akan kehidupanlah yang berubah.

No comments: