Monday, December 05, 2005

Mempertanyakan Hidup

Mempertanyakan hidup ini untuk apa? Sampai kapan?
Hidup ini pasti tidak ditentukan oleh kuantitas, mungkin kalau umur panjang...bisa mencapai 70 atau 80 tahun. Tapi sesungguhnya kita hidup berapa lama? BUkankah itu yang penting! Bisa saja hidup sudah 50 tahun, namun sesungguhnya hidup yang benar2 hidup dan berarti hanya selama 5 tahun. Hidup itu bukan hanya perguliran waktu yang selalu berakhir di 31 desember untuk menyatakan satu tahun sudah berakhir. Hidup itu adalah hidup...benar2 kita hidupi dan berarti.
Jadi wajar sekali, kalau hidup ini selalu dipertanyakan kan?

Jangan2 orang yang tidak pernah mempertanyakan hidup...justru perlu dipertanyakan bukan? Tetapi aku suka pusing sendiri dan ingin berdiam diri saja..ketika pertanyaan tentang hidup muncul di kepala. Kadang ingin menjalani hari seperti biasa dan semua akan mengalir seperti air sungai yang pasti ada tujuannya. Tapi apakah hidup benar2 bisa mengalir seperti aliran sungai itu, tanpa dipikiri...aku tidak tahu, dan aku jadi makin pusing saja.

KEmarin, aku sudah selesai ujian...aku bersorak gembiran dan ingin bersenang-senang. Tapi kenapa, belum juga dua hari rasanya sudah membosankan dan aku bertanya, apakah pekerjaan yang aku lakukan dan jalani saat ini memang benar2 yang terbaik untukku... Aku belum pernah bekerja di tempat lain dan bisa membandingkan dan mengambil keputusan bahwa pekerjaan saat ini adalah yang terbaik untukku. Aku juga bngung, ketika muncul pikiran..apakah semua harus dibandingkan supaya aku bisa mengambil keputusan yang terbaik. Bukankah kalau aku yakini bahwa ini yang terbaik, aku bisa menjalaninya dan melakukan segala sesuatu sebaik2nya.

Yang pasti aku bingung....dan ingin rasanya berdiam aja di rumah selesai kerja, siapa tahu nanti mendapat pencerahan. Tenggelam di balik buku ternyata membuat pikiran2 abstrak ini perlu semakin dipagari. Aku harus bisa membatasinya dan belajar lebih sederhana.

Hidup...selalu dipertanyakan, dulu juga, sekarang juga...mungkin pada waktu yang akan datang, aku pertanyakan juga. Mungkin ini akan membuat hidup ini semakin tajam.. Dan gak perlu berumur 80 tahun untuk benar2 hidupkan? MEngapa enggak hidup yang sehari lepas sehari ini aku jalani dengan kualitas hidup yang kekal. Aku ingin sekali, tapi aku harus belajar banyak...terutama mengalahkan diriku sendiri.

Sudah Desember...dan tahun ini akan berlalu


No comments: