Sunday, April 15, 2007

Tribute to Dorothy Irene Marx


Juni 1957, saat beliau menjejakkan kaki di bumi
Indonesia ini
Tahun demi tahun pelayanan
Memimpin paduan suara
Menjadi pendeta wanita mula-mula di GKI
Merintis pelayanan penjara di Bandung
Mengasihi Indonesia, melepaskan kewarga negaraan
Inggris dan menjadi WNI
Terus menaburkan benih Firman
Melayani mahasiswa
Tanpa lelah, dengan cinta kasih
Tanpa pamrih
Menegakkan kebenaranNYA
Dengan kesederhanaan
Mengajar di STT IMAN, UI, Univ. Gamaliel, Maranatha,
IKIP Bandung, UKI, ITB, dan di STT Bandung
16 Pebruary 2007...genap berusia 84 tahun
50 tahun melayani di Indonesia
Terima kasih bu Dorothy,
Kami semua mencintaimu
Syukur kepada Allah

Acara Tribute to Dorothy I. Marx akan dilaksanakan pada Selasa, 17 April 2007 pukul 18.00 di wisma Shalom, dalam rangkaian Temu Alumni Nasional STT Bandung.
Bu Dorothy, mendapatkan gelar Doktornya dari Tubingen Jerman, jadi satu almamater ibu ini dengan Paus sekarang. Bu Dorothy setahun yang lalu menerbitkan buku dengan judul „Kebenaran mengangkat derajat bangsa tetapi dosa adalah noda bangsa“, (sori kalau kurang pas judulnya). Sampai saat ini masih aktif menulis.

Aku secara pribadi memiliki kesan yang dalam dengan bu Dorothy, sebelum ke Aceh tahun lalu beliau mengundang aku ke apartemennya di STTB. Saat itu aku melihat dia masih semangat menulis dan juga dikelilingi buku-buku yang terbuka di meja dan juga buku-buku di lemari di ruangan itu. Dia menceritakan pengalamannya waktu kuliah di Tubingen, dan juga tetap mendorong semua orang untuk kuliah tinggi-tinggi. Katanya kalau sudah sekolah tinggi, lingkup pengaruh akan semakin luas...dan saat itu dia bilang kalau disuruh milih ngajar di STTB atau ITB saat ini, dia akan memilih mengajar di ITB. Karena anak-anak ITB akan menjadi duta-duta Allah di banyak tempat, dan dia sangat ingin tetap mengajar mereka tentang kebenaran Alkitab. Dalam mengajar, ibu ini melakukan pendekatan personal dengan semua mahasiswanya dan sangat perlu ditiru oleh para pengajar yang berdampak.
Ibu ini memang hebat...dulu kalau kami kehabisan kata, kami hanya bilang antar kami tentang ibu ini :“Dasar Yahudi“.


Beberapa yang masih aku ingat singkatan bu dorothy yang banyak itu, habis setiap belajar atau mendengar bu Dorothy menjadi pengkhotbah, pasti ada singkatan yang dia bagikan.
Juplop = Maju dengan Amplop
Jutek = Maju dengan nyontek
BDB : Bohong Demi Bisnis, Bohong Demi keBaikan
MDM : Melicinkan Demi Melancarkan, Magic Demi Maju
Ngakol : Ngakali Orang Lain
Nilai-nilai dunia : is..is..is = egois, sekularis, materialis, dll
Nilai-nilai kerajaan Allah : an..an..an : Kebenaran, kejujuran, kebaikan, belas kasihan, dll

Semua anak-anak PERKANTAS juga akan sangat mencintai bu Dorothy, khususnya PERKANTAS Bandung kali ya.. Ibu Dorothy juga pernah tinggal di Asrama Putri PGI Jl. Kebun Kawung Bandung. Saat aku tinggal di Asrama ini, kami ada 10 orang KAro tinggal di sana. Ibu Asrama dan Bude beberapa kali menceritakan tentang bu Dorothy ketika dia tinggal di Asrama itu. Semua yang pernah mengenalnya tidak akan bisa melupakannya.


Satu rahasia yang tidak diketahui bu Dorothy yang pernah diungkapkan Pak Agung Wibisana adalah bahwa kalau beliau nanti sudah meninggal maka akan dibuat patungnya di STTB (kita lihat sajalah nanti). Kalau ide ini diketahui oleh bu Dorothy maka pasti dia tolak..DIA SEDERHANA SEKALI. Bahkan tinggal di Apartemen dosen STTB baginya terlalu mewah. Bu Dorothy belakangan pindah ke apartemen karena sudah tua karena di rumahnya yang dulu dia beberapa kali masuk ke rumah sakit karena jatuh. Belakangan kemarin ibu Dorothy pasti ada yang menuntun di tangga kalau masuk ke ruang kelas di lantai 2.




14 comments:

Rudolfus Antonius said...

Ibu Dorothy adalah teladan bagi kita, murid-muridnya. Beliau menghidupi keseimbangan antara kesalehan, kemampuan akademik, keberakaran dalam Alkitab, serta semangat yang terus menyala bagi Tuhan. Sungguh, hidupnya adalah suatu tantangan bagi murid-muridnya: tantangan untuk mengabdikan diri seutuhnya bagi Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

Anonymous said...

shalom, saya sangat ingin ketemu beliau, bisa ada yg bantu saya? tolong email ke alamat saya di yaakovbaruch@gmail.com terima kasih sebelumnya

regards

Yaakov Baruch

Anonymous said...

Saya baru saja diajar oleh ibu Dorothy semeste kemaren... Tahun 2009 ini melihat bagaimana sesosok pelayan Tuhan yang dengan semangatnya mengajar kan Spiritualitasnya... Belum pernah ada yang se hebat Ibu Dorothy...

Mari kita doakan kesehatan beliau diusia senjanya... Kiranya da damai dan kasih ALlah dari Surga yang hadir dalam hiodupnya...
dan hidupnya senantioasa menjadi berkat...

Terus berjuang Ibu tercinta...
Sampai saatnya tiba Tuhan akan berkata di pintu gerbangnya...

"Selamat datang anakku... Tugasmu sudah selesai... marilah makan bersamaku... "

Anonymous said...

Salah satu orang yang saya kagumi dan hormati adalah Ibu Dorothy I. Marx.
Saya ingat bagaimana ketika Ibu masih mengajar di Jkt... dengan rendah hati mau menyediakan waktu danm bimbing kami sekelompok kecil aktivis gereja berKTB... dia mau datang ke rumah kami.
Kami bisa merasakan dia seorang yang sangat mengasihi Tuhan dan mengasihi jiwa-jiwa untuk dibimbing semakin mengasihiNya.
Ibu Dorothy, kini teman-teman KTB yang pernah Ibu bimbing... satu telah menjadi dosen Sekolah Teologi dan pembina sekolah bina iman, satu lagi telah menjadi pendeta dan selebihnya masih mengajar Sekolah Minggu atau Majelis Gereja.
Putri pertama saya sengaja saya beri nama Dorothy, dengan harapan kelak dia bisa berkarya sebagai alat Tuhan sehebat ibu Dorothy I Marx.

Rei Barlian said...

ibu Dorothy sekarang di panti jompo di Parung Bogor... masih sehat... semoga ibu bahagia dan terus menikmati berkat-berkatNya!!

agustinus said...

tolong info nama panti jompo , alamat & telp nya , Tks agus h

Anonymous said...

kemaren (21 aug 11) ibu dorothy beribadah ke MRII Cibubur...
beliau masih sehat dan tetap bersemangat..saat diberi kesempatan berdoa saat sebelum perjamuan Kudus,dalam doanya beliau mengatakan.."seperti Tuhan Yesus Kristus total memberikan hidupNya, biarlah kami jg memberikan hidup kami total utk melayani Engkau ya Tuhan.." sebuah doa yg menguatkan setiap kami..Puji Tuhan, ada orang2 yg mencintai Tuhan dan mencintai jiwa2 yg ada di Indonesia..

lelawati said...

saat ini Ibu tinggal di Depok, Perumahan Khayangan

Paul Wuysang said...

Shalom alaechem........ bu lelawati, bisa sy di sms kn alamat nya bu dorothy? Dan klu bisa no telepon yg bisa dihubungi. Terima kasih, Paul Wuysang (085313907977)

Eni Reyn said...

Suami dan sy jg mengenal bu Dorothy wkt di belia melayani di IKIP Bdg,byk berkat rohani yg kami dptkan dr belia,sebelum kami menikah dulu kami dtg ke rmhnya dan doanya sgt menguatkan kami,pengen bisa kontak lg dgn beliau,ada yg bisa bantu..?nmr yg bisa dihubungi dan alamat panti yg di bogor,makasih byk sblmnya,tlg
sampaikan slm bt bu Dorothy.Reyn Hard dan Eni Reyn

Fitri said...

Dear lela, bolehkah dishare alamat ibu? mohon diemail d fucia_30@yahoo.com

Terima kasih :)

The Woods Family said...

Can someone please translate this to English for me? Dorothy is my Auntie

Unknown said...

Dear all. I just got the bad news. Bu Dorothy pass away today.

Dalam rencanaNya yang sempurna, Allah telah memanggil Ibu Dorothy Irene Marx jam 14.12 di RS Premier Jatinegara.

Pesemayaman
Alm. Pdt. Em. Dorothy I. Marx

RS Husada
Jln. Mangga Besar Raya,
Jakarta Pusat.
Telp 0216240606.

Hari ini, 17 Des Ruang H & l. Lantai 2
Mulai besok, 18 Des Ruang H, I & J. Lantai 2.

Deep condolence🙏🏻 Grateful pernah mengalami dan merasakan pelayanan Ibu Dorothy semasa mahasiswa di UI dahulu. Amazing melihat karya Tuhan melalui pelayanan ibu Dorothy. May she rest in love🙏🏻 Amen.

Unknown said...

Pdt Ibu Dorothy I.Marx penabur Firman Allah bagi mahasiswa ITB th 1972 sd 2004,Tuhan Yesus menyambut Ibu Dorothy di Sorga