Thursday, September 06, 2007

SPL I PERMATA, apakah yang kau hasilkan ?

SPL (Sidang Pengurus Lengkap) I PERMATA GBKP sudah selesai...
Hmmm....sampai saat ini aku belum bisa melupakan saat-saat SPL berlangsung. Aku akui, aku memang bukan organisator...banyak yang gak penting yang aku pikir untuk dibicarakan...namun mungkin bagi yang lain hal itu sangat penting.
Bukan prinsip yang kita perbicangkan teriakku dalam hati sambil malas mengikuti persidangan. Namun apa hendak dikata, menjadi sekretaris persidangan membuat semua terasa mengikat dan mengekang untuk tetap harus duduk manis dan mengikuti semua pembicaraan.

Aku sadar kalau aku memang semakin kering di dalam organisasi ini. Kak Tonggo dan Meyland pernah mengingatkan aku untuk mulai melayani dalam kelopok... Hal ini akan menolong aku tetap bertumbuh dalam Tuhan. Tapi jujur, selama di Medan, aku belum punya kelompok untuk belajar Alkitab bersama. Kekeringan itu semakin gersang, dan dampaknya...emosi tidak stabil, hati yang memberontak semakin merongrong...Nomi asli keluar dan iblispun mengambil kesempatan.

Uh....sedihnya hatiku. Aku semakin merasa seperti berjalan sendiri di situ....aku sedih banget dengan keadaanku dan juga dengan semua pelayanan ini. Kadang aku merisaukan banyak hal...tapi yang lain aku liat baik2 saja dan merasa tidak ada yang perlu dikuatirkan. Apakah aku yang salah? dan memang benar2 di sini bukan tempatku ?
Banyangkan, SPL berlangsung sampai jam 3.30 pagi di hari pertama yang seharusnya selesai jam 11 mqalam. Hari kedua yang diharapkan selesai jam 3 sore juga berakhir jam 7 malam. Sampai saat ini aku berfikir...apa sebenarnya yang kita diskusikan yang paling penting dan akan berpengaruh banyak untuk kemajuan PERMATA setahun ke depan? Kayaknya tidak ada...kita sibuk dengan format, dengan hal-hal yang tidak terlalu prinsip. KIta sibuk entah dengan apa....mungkin dengan penghakiman kita masing-masing dan juga kamipun sibuk dengan tangkisan dari setiap penghakiman yang terlontar. Huuuhhhh pelayanan macam mana ini?

Aku tak tahu dan sungguh aku tidak mengerti. Sast iti aku coba mengingatkan kita..bahwa sangat banyak sekali propgram yang kalian ajukan. Ingat kalau tahun depan adalah HUT PERMATA yang ke 60, dan akan ada acara sinodal. Kalian juga berkeras untuk adakan SPL 2 di Jawa...dan juga program yang lain yang mungkin semuanya ada 20 kerjaan selain rapat rutin untuk dikerjakan. Emang kita ini mesin rapat dan mesin kunjungan sidang klasis apa? Huhhhh...aku mulai muak dengan semuanya.
AKu sangat muak....sampai saat ini bahkan setelah selesai SPL I, tidak pernah aku dengar diskusi yang memunculkan masalah spiritual Pemuda Gereja. Kita tidak peduli dengan spiritual permata, aku enggak tahu apa yang kita pedulikan. Mungkin sebagian hanya peduli untuk menelanjangi PP dan teriak, "betapa bodohnya kalian dan sedikitpun kalian tidak terlihat sebagai tim yang solit".

Sebagian mengambil kesempatan dari situasi yang sulit ini...aku merasakan itu. Yang pasti satu adalah si Iblis...kayaknya dia sangat bersorak sorai dengan keadaan itu. Apalagi ketika ada yang berbicara, lihatlah kami lah yang peduli dengan PERMATA ini, karena sampai saat ini tinggal kamilah yang ada di ruangan ini..saat itu sudah hampir pukul 3 pagi. Dari depan aku hanya berkomentar dalam hati, yang lain bukan tidak poeduli dengan PERMATA, tapi yang lain muak dengan sidang ini...Jujur aku saja muak mau muntah dan mau meninggalkan sidang. BAhkan aku lakukan itu dan menunjukkan betapa bodohnya aku dan aku memang bukan organisator.
Aku memang enggak cocok dengan pelayanan yang terorganisir seperti ini. Penuh hirarki dan sangat berbelit-belit..sebagian mel;ihat posisi sebagai kekuasaan dan tu berarti dia punya otoritas, namun menunjukkan otoritasnya dengan kepala kosong sehingga sangat memuakkan.

Coba kembali mengingat2.... SPL sidah selesai. Apa yang paling penting yang kita hasilkan untuk kemajuan PERMATA ke depan? Banyak biaya, banyak waktu dan m\sebagian mengorbankan kesehatan untuk menyelesaikan SPL I ini..apa hasilnya ?
Mungkin ini kali ya...
1. Keinginan SPL ke Jawa bisa diperjuangkan jadi nanti bisa sekalian jalan-jalan...hehehe
2. LCD jatuh dan PP mmenanggung tanggung jawab yang harus diselesaikan..mungkin biaya perbaikan dan juga kehilangan kepercayaan sehingga ke depannya akan sulit meminjam LCD.
3. Banyak kekecewaaan kepada PP selama ini, bisa terobati di SPL ini...
4. ....

Enggak tahu lah...hanya pengen menuliskan kesedihan aja tentang kondisi PERMATA ini. Berbicara PERMATA maju...aku enggak tahu kemajuan yang bagaimana sebenarnya yang kita maui..yang aku lihat hampir semua kita ingin begitu2 saja....

Pengen lupain bentar PERMATA, tapi sulit juga yah....

Bandung lagi panas banget loh sekarang ....

2 comments:

selfi said...

kam lg di bandung nom?
hm.. aku mencoba merasakan apa yg sdg kam rasakan nom.

susah jg ya sptnya berada di lingkungan yg spt itu. Tapi kam pst mampu menghadapinya nom...

terus bertanya sm DIA dan minta kekuatanNYA ya..

GBU :)

Nomi br Sinulingga said...

Halo sel...bener sel, aku lagi di Bandung.
Makasih banyak ya sel, untuk dukungannya....

Sampai ketemu ya...tar aku ke jakarta aku kontak kam.