Monday, December 22, 2008

Berdoa untuk saudara kita yang mengalami bencana kebakaran di pajak kabanjahe

pagi ini sekitar jam 4, aku dibangunkan oleh telpon dari kabanjahe yang menanyakan posisiku ada dimana. Karena di Medan, suara di telpon itu memintaku untuk menghubungi teman2 permata yang anggota TAGANA (Taruna Siaga Bencana) yang berada di bawah Komisi PEnanggulangan Bencana GBKP. Pdt. J Keliat (Ketua Komisi Penanggulangan Bencana GBKP dan juga ketua diakonia moderamen GBKP) sudah berada di sekitar pajak Kabanjahe. Teman2 TAGANA yang berada di sekitar Kabanjahe ditelpon supaya ikut membantu menolong kebakaran yang terjadi. Dua orang langsung bergegas turun ke lapangan, seorang dari Lau Cimba dan seorang dari RUmah Kabanjahe.


Teman2 TAGANA bolak-balik menelpon dan menceritakan situasi di lapangan, dan jam 4 tadi pagi masih pajak atas (tingkat 2) yang sedang dilahap api. Selain menceritakan situasi juga bertanya apa lagi yang harus kami perbuat kak? Sambil berbaring aku juma bilang, lakukan apa yang baik yang bisa kalian lakukan...jangan hanya nonton. Biar aku pikirkan dulu apa lagi yang baik yang kalian lakukan... Jujur saja, aku bukan berfikir malah aku tertidur. Aku coba telpon bang Ananta Purba, siapa tahu ada masukan...tapi HP nya tidak aktif.


Pagi ini, api masih menyala...dan pajak atas sudah habis dan pajak bawah sudah sebagian hangus. Tukang sayur, dan pedagang kecil, Tukang jahit, penjual baju dan kain banyak yang mengalami bencana ini. AKu jadi ingat tukang jahit - tukang jahit itu...bulan desember begini tentunya sangat banyak pesanan seragam untuk natalan dari perpulungen. Mereka pasti mengalami kerugian yang sangat besar, bukan hanya tidak mendapatkan upah jahitan. Malah mesin jahit dan kain2 yang ada banyak yang lenyap. Bagaimana mereka mengakhiri tahun 2008 ini? AKu pikir ini ujung tahun yang kelabu bagi kota Kabanjahe.


Semua yang terjadi, dan bahkan apapun yang menjadi penyebab kebakaran yang dimulai sejak jam 2 pagi hari ini pasti tidak tersembunyi di hadapan Tuhan. Tuhan ijinkan itu terjadi, karena Tuhan bisa mengubah yang buruk menjadi baik, yang pahit menjadi manis, yang gelap menjadi benderang... Satu yang pasti, Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, dan Pencipta ini hanya merancang yang terbaik untuk anak-anakNya.


BERDOALAH untuk KOTA KABANJAHE... ..


SELAMAT HARI NATAL

No comments: