Wednesday, December 03, 2008

Hubungan itu bertumbuh dan berbuah

Sore kemarin, seorang teman datang ke kafe dan ngobrol dengan aku sampai jam 9 malam. Selain dia menceritakan hubungannya dengan temannya dan teman-temannya, dia juga menceritakan hubungan teman nya yang juga temanku. Dia bilang kalau teman kami itu sudah jelas sekarang hubungannya setelah belakangan ini masa transisi dan tidak ada kejelasan. Sekarang sudah jelas hubungan mereka bubar.

Serius itu yang terjadi? Tanyaku dengan sangat menyayangkan.
Bukannya apa-apa, teman yang baru putus ini misal si X dulu pernah nolongin aku sama pacarnya itu (tepatnya mantan pacarnya). Waktu kami kerja sama bertiga (aku, X dan pacar X), aku lihat kalau pacar X ini lebih mencintai X daripada X mencintai pacarnya. Itu yang aku baca dan nlai. Mungkin saja kenyataan tidak seperti yang mampu aku baca.

Sejujurnya X juga mengakui kalau dia merasa kekasihnya memang sangat mencintainya dan tidak menyangka kalau akhirnya pacarnya it mencintai orang lain dan minta bubar dengannya. Gak tahu apakah mantan pacarnya itu jadian dengan pendatang baru dalam hidupnya itu atau akhirnya tidak jadi dengan yang manapun (X dan cowo yang lagi dekat dengan mantan X itu).

Beberapa kali aku bilang ke X, kenapa dia sepertinya terkadang terlihat mengabaikan pacarnya itu. Dan X juga kadang aku lihat terlalu mudah tebar pesona ke perempuan2 yang ditemuinya. Gak tahu apakah itu bagus atau tidak, memang begitu kali gayanya… cewek2 langsung nempel saja sama dia dan suka curhat juga ke dia.

Hubungan itu kadang seperti tanaman rambat, perlu dijaga dan diarahkan kemana harus tumbuh merambat. Hubungan X itu bisa diandaikan, tanaman itu sudah merambat ke kebun tetangga karena tidak diurus dan tuannya sibuk ngurus tanaman rambat orang lain. Ketika sudah waktunya berbuah, ternyata dimana dia tumbuh hanya ada daun-daun busuk sedangkan bunga dan buah tanaman itu ada ditempat orang lain. Cowo X yang aku pikir suka tebar pesona aja, ternyata mello juga. Menangis untuk beberapa saat baik jugalah untukmu dek..supaya hatimu lebih adem dan belajarlah dari hubungan ini. Biar ke depannya bisa lebih menjaga apa yang sedang dimiliki.

Selain contoh diatas, hubungan itu memang persis seperti tanaman. Kalau ingin dapat buah yang manis dan bagus2 tentu perlu dipelihara dan dipupuk, disiram dan disiangi. Itu tentunya usaha yang bisa dilakukan manusia, walaupun akhirnya Tuhan juga yang memutuskan. Tapi kalau kita tidak melakukan apapun, bukankah buah dari tanaman sering sekali busuk bahkan gugur ketika masih berbunga. Kalau mau buah yang busuk, kita tidak perlu belajar untuk mendapatkannya. Tapi kalau mau buah yang bagus-bagus, besar dan ranum...tentu ada usahalah untuk mendapatkannya.

Bagaimana dengan hubungan kalian? Apakah sudah terawat ?

No comments: