Friday, October 21, 2005

Bumi, Matahari, Aku

Sudah sore lagi, matahari sebentar lagi akan terbenam di ufuk barat. Kita semua menerima bahwa matahari terbit di timur dan akan tenggelam di barat. Bukankah pengertian ini sepertinya menyiratkan bahwa matahari itu bergerak dari timur ke barat? Padahal kita juga tidak akan menyangkal bahwa sesungguhnya matahari itu diam dan tidak berpindah, tetapi bumi yang kita diami inilah yang berputar pada porosnya sambil mengelilingi matahari.

Setiap kali bumi berotasi sekali maka kita menyebutnya satu hari sudah berlalu yaitu 24 jam. Kemudian apabila bumi ini sudah mengelilingi matahari satu putaran maka kita mengenalnya sebagai satu tahun. Hari ini akan berakhir dan bumi sudah menyelesaikan satu putaran. Tetapi bumi yang berputar dan kita mengenal matahari terbit dan terbenam ternyata membuat umur manusia juga bertambah.

Hari ini akan berakhir, dan umurku bertambah lagi satu hari. Ternyata kehidupan manusia memang tidak bisa disangkal sangat dekat dengan alam, bahkan banyak petunjuk hidup kita tidak bisa dipahami karena alam inilah yang akan memberikan pemahaman sendiri. Tadi pagi aku merasakan kehangatan mentari pagi dan sore ini aku merasakan dinginnya udara karena matahari sore semakin bersembunyi di langit kota bandung ini. Awan-awan yang tebal dan kelabu membuat cahaya mentari sore ini tidak menembus ke bumi dengan cahaya sore yang cerah. Tetapi seperti apapun sore ini, matahari akan tetap terbenam dan umurku akan tetap bertambah satu hari.

Kehidupan ini banyak yang memang tidak kita mengerti, tetapi ketika kita melihat sekitar kita, kebesaran ciptaan semesta ini, mungkin akan sedikit menyingkapkan mengenai hidup manusia. Alam tetap memberikan yang terbaik, sekalipun manusia merusaknya sebenarnya alam akan tetap menjaga keseimbangannya tetapi batas kemampuan alam untuk seimbang sering sekali terlewati dan alampun menjadi rusak, ekosistem rusak dan ini akan mempengaruhi kehidupan manusia juga.

Hari ini, aku ingin mendengarkan matahari sore, merasakan bumi setiap kali aku melangkah memindahkan pijakanku pada dirinya...mungkin aku juga akan bisa merasakan kebesaran tangan penciptaku yang sudah menyediakan seluruh alam ini hanya untuk kebaikan manusia.

1 comment:

Anonymous said...

A week in tech
A round up of all the latest tech news. Japan Internet - Rakuten became Tokyo Broadcasting System's top shareholder when it acquired more than 10 percent of the broadcaster's outstanding issues via off-market ...
Hey you've got a great blog here, the best I've seen so far, keep up the good job! A few days ago I was surfing the web and came across this cool site on Online loans - apply for loans online. It features all sorts of interesting information on Online loans - apply for loans online and makes it super easy to apply online. Now I know that people want fast services I recommend they visit Online loans - apply for loans online for quick and hassle-free service.