Wednesday, June 15, 2005

Menang Menghadapi Perubahan

Buku yang ditulis Spencer Johnson. M.D dengan judul Who Moved My Chese, for Teens yang diterbitkan Elex Media Komputindo ini sangat menarik. Ia menggambarkan empat karakter imajinatif. Para tikus, “Sniff (endus) dan Scurry (Lacak)“ dan para kurcaci, “Hem (kaku) dan Haw (Aman).“ Kehidupan ini digambarkan dengan labirin, dimana banyak terdapat lorong-lorong panjang berkelok-kelok. Beberapa diantaranya terdapat cheese yang lezat. Namun ada juga sudut-sudut yang gelap dan tak bertuan yang mengarah pada sesuatu yang tak pasti.

Setiap hari tikus, Sniff dan Scurry, dan dua orang kurcaci, Haw dan Hem, menghabiskan wantu di dalam Labirin untuk mencari Cheese. Sniff, Scurry, Hem dan haw, menemukan cara masing-masing dalam mencari apa yang mereka inginkan. Masing-masing menemukan Cheese kegemaran mereka di ujung lorong Cheese Station C. Memiliki Cheese membuat hidup bahagia. Dalam Labirin perjalanan waktu akan membuat banyak perubahan yang harus disigapi. Suatu hari para tikus tiba di Cheese Stasiun C, dan tidak ada cheese sama sekali. Tikus-tikus tidak menganalisa secara berlebihan, bagi tikus permasalahan dan jawaban sama sederhananya. Situasi Stasiun C telah berubah dan Sniff dan Scurry memutuskan untuk berubah. Mereka berdua mencari cheese lagi di dalam Labirin.

Ketika Hem dan Haw sampai di Cheese Stasiun C, mereka terkejut karena cheese sudah tidak ada. Mereka tidak siap dengan apa yang mereka hadapi. “Apa?! Tidak ada cheese?!” Hem berteriak. “Siapa yang memindahkan cheeseku? “ teriaknya. Haw menulis di dinding Semakin penting arti cheese bagi anda, semakin ingin anda mempertahankannya.

Haw berkata kepada Hem bahwa semua berubah dan tidak akan pernah sama lagi. Inilah hidup ! hidup terus bergerak. Dan begitu pula kita seharusnya. Ketakutan Hem telah berubah menjadi kemarahan dan ia tidak mau mendengarkan Haw.
Haw tertawa dan berteriak, “Saatnya ber-Labirin!”
Hem tidak tertawa dan juga tidak bereaksi.

Kita harus belajar mengindentifikasi perubahan dan mengambil sikap yang paling tepat untuk menghadapi perubahan.

Kita juga harus berubah, jika tidak berubah maka kita akan musnah. Tetapi perubahan itu kadang menakutkan, sehingga apakah yang akan dilakukan ketika kita tidak takut dengan perubahan? Ciumlah cheese sesering mungkin, sehingga kita akan tahu saat cheese itu mulai membusuk. Bergerak menuju arah baru membantu anda menemukan cheese baru

Haw menertawakan dirinya sendiri, ia menyadari bahwa ketakutan membuat segalanya lebih buruk. Jadi ia melakukan sesuatu yang akan dilakukan apabila ia tidak takut. Ia bergerak ke arah baru. Ia mulai menyusuri lorong gelap, ia pun tersenyum. Haw merasakan semangat yang luar biasa, ia meyakini apa yang ada didepan baginya dan menikmati apa yang sedang dilakukannya.
Pemikiran di masa lalu telah tertutup kecemasan dan ketakutan. Sekarang ia menyadari bahwa perubahan akan terjadi, baik Anda mengharapkannya atau tidak Perubahan akan mengejutkan kita apabila tidak menghendakinya dan tidak menyadarinya. Haw sekarang menyadari bahwa keyakinannya yang baru telah mendorongnya untuk bersikap lain. Ia tahu bahwa saat kita berubah dari apa yang kita yakini, kita juga akan mengubah perbuatan kita.

.
Haw telah melepaskan masa lalunya dan beradaptasi dengan masa sekarang. Ia terus menyusuri labirin dengan kekuatan dan kecepatan yang lebih besar. Sampai akhirnya ia bertemu dengan teman-teman lamanya, Sniff dan Scurry. Haw tertawa dan menyadari bahwa ia telah mulai berubah segera setelah ia dapat belajar menertawakan dirinya sendiri dan menyadari apa yang dilakukannya adalah salah. Ia menyadari bahwa cara yang paling cepat untuk berubah adalah dapat menertawakan kebodohan kita sendiri.

Sniff dan Scurry membuat hidup sederhana. Saat situasi berubah dan cheesenya telah dipindahkan, mereka juga berubah dan bergerak bersama Cheese.

Haw juga menggunakan otaknya dan juga merefleksikan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuatnya di masa lalu. Haw harus mengakui bahwa halangan terbesar terdapat dalam diri kita sendiri.
Dengan menaruh perhatian pada perubahan kecil sejak awal akan membantu anda beradaptasi dengan perubahan yang lebih besar di masa yang akan datang.

Saya merekomendasikan teman-teman membaca buku ini, bergambar dan bahasanya mudah dipahami, dan sangat menarik.

2 comments:

Anonymous said...

Hi nom..

krn ga ada shout box jadi aku nulis di sini deh. jadi tertarik utk beli buku itu nom...

kayanya asik juga pny blog ya, bikin ga ya??

miss u,
selfi

Julbintor Kembaren said...

cuit cuit...
welcome welcome to blogger mania...

enjoy

happy for you
see the writers area...

k'nomi in action !!! wuhuuu