Saturday, July 02, 2005

Menerima diri sendiri

Aku senang menjadi seorang wanita, meskipun kadang tidak mudah. Banyak yang bilang aku tomboy, itu hanyalah sebagian dari masa pembentukanku. Dalam sebagian masa kehidupanku yang masih singkat, aku ingin mempelajari kembali dan juga aku mau melihat bagaimana kehidupan kedepan sebagai seorang wanita.
Dewasa ini ada dua jenis gerakan wanita, gerakan yang ingin menghapus perbedaan yang ada antara kedua jenis kelamin itu dan mendesak para wanita untuk menjadi setara dengan laki-laki. Satu lagi adalah gerakan yang benar-benar menghargai keunikan kewanitaan. Aku pengen belajar dan memikirkan mengenai hal kedua.
Wanita tidak akan bebas dengan berusaha menjadi setara dengan pria. Tantangan pembebasan lebih sukar, juga kadang lebih indah dan memuaskan. Yang penting dan kunci untuk bebas adalah bagaimana wanita harus menerima diri mereka sendiri dalam keunikan kewanitaannya.

1 comment:

Anton said...

Mo jadi wanita unik? itu bagus. Asal kamu bisa mempertahankan keunikan kamu, semua pasti salut. ck,ck,ck... :)