Monday, July 18, 2005

Wanita berbicara

Dalam sehari, wanita berbicara sampai 15.000 kata sedangkan pria hanya setengahnya sekitar 7.500 - 8.000 kata. Bayangkan betapa banyaknya kata yang diucapkan oleh kaum Hawa ini. Data ini adalah secara umum, karena itu pasti banyak yang unik dan tidak sesuai dengan yang general-general (wanita pada umumnya). Ada juga perempuan yang tidak suka banyak bicara dan ada juga pria yang berkicau sepanjang hari..yang tidak sesuai dengan data di atas.

Kata-kata yang keluar dari mulut bisa memiliki nilai yang berharga tetapi bisa juga menjadi benda tajam yang menusuk hati pendengarnya. Apapun bisa diakibatkan oleh kata yang keluar dari bibir yang manis. Bibir yang tipis bisa berubah menjadi belati yang tajam apabila kata-kata yang keluar selalu menusuk hati. Tetapi bibir yang dower sekalipun bisa menjadi sesuatu yang menyejukkan hati ketika keluar kata-kata yang menenteramkan kalbu. Semakin banyak kata yang diucapkan maka akan semakin besar kemungkinan ada bagian-bagian kata yang tidak benar dan juga mungkin ada kebohongan.

Kata yang diucapkan memiliki tiga kategori, positif, negatif dan netral. Sebaiknya kita belajar mengembangkan diri di hal-hal yang positif dan netral saja.
Netral adalah ketika kata yang keluar tanpa makna, tapi apa daya mulut ini hanya ingin berbicara untuk menghabiskan jatah yang 15ribu kata itu. Kata yang terucap juga sering sekali dipengaruhi oleh sumber terdalam dalam diri yaitu hati. Keadaan hati sangat menentukan seseorang bisa berkata positif atau negatif atau hanya perkataan netral yang keluar tanpa makna. Memang ada kata yang netral ya? bingung juga jadinya...tadi aku pikir contohnya ketika aku bicara dengan diri sendiri..ini bisa positif atau negatif kan?
Mungkin contohnya ketika kita berbicara basa-basi, tidak menyakiti atau memberi dorongan, seperti kata-kata yang berlalu begitu saja.

Karena wanita berbicara dua kali lebih banyak dari pria maka wanitalah yang paling jago menyakiti dengan kata-katanya. Pria menyakiti orang lain dengan kontak pisik, tapi wanita dengan ketajaman mulutnya yang bisa merusak segalanya. Komunikasi adalah dasar dari semua hubungan, semua masalah bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik. TApi kalau dalam komunikasi kata-kata yang digunakan tidak tepat maka apapun akan sulit diperbaiki. Berkata banyak dan semua positif..mungkin akan menjadi berkat bagi yang lain, menguatkan yang mendengar. Dan kekuatan perkataan lebih dari apapun karena kekuatan hati dan kharisma diri akan mudah nyata ketika mulut dibuka. wanita lembut nyata dari kata yang diucapkan, sekalipun keras dan bernada bass, tapi kalau itu memang gayanya berbicara dan kata yang lahir dari ketulusan hati maka itu membuat kata-kata itu lebih bernilai.

Kadang makna kata yang diucapkan sangat ditentukan oleh sikap dan mimik serta bahasa tubuh sipembicara. Sekalipun kalimatnya "Aku sayang kamu" dengan kondisi kedua alis naik dan gigi gemeretak beradu..maka yang diartikan adalah sebaliknya. Wanita yang terpancar "inner beauty"nya berbicara dengan hati yang tulus dan penuh perhatian. Berbicara adalah untuk komunikasi yang memang dia inginkan dan juga berbicara untuk menyatakan kasih bagi sesama. Wanita yang mempunyai kapasitas banyak bicara, sebaiknya selalu mengingat bahwa dari semua kata-kata yang diucapkan ada yang lebih penting yaitu sikap dan ketulusan hati.

Aku tahu kalau lidahku yang kecil ini sangat tajam
Ingin aku diubahkan supaya dia tidak membakar semua
kata-kata yang terucap akan menuntun hidupku
TEman yang banyak atau musuk disetiap sudut
Lidah mampu menciptakan itu

Indahnya kalau kata yang keluar seperti mutiara yang berharga
Memberi kekayaan hidup bagi semua
Dia membuat hidup jadi berarti
Dia bisa memberi kekuatan bagi si lemah
Motivasi bagi yang tak bersemangat
Harapan bagi yang putus asa

Dia juga bisa mengemas kemasan silet yang tajam
seperti api membakar semua yang kering
mematikan semangat yang redup
Memutuskan hubungan yang indah
kata-kata bisa memecahkan piring kehidupan

Dia sangat netral,
Tapi dia bisa berubah jadi sesuatu yang negatif
bisa juga menjadi sangat positif

Iblis menggunakannya menipu manusia
MAlaikat menggunakannya memuji Tuhan
Manusia..pilihan ada padamu untuk jadikan "kata" seperti apa.
Wanita, ibu, istri, dan saudara perempuan..
Kata yang kita ucapkan..mau seperti apa?



Biarlah selalu kita ingat, dalam berkata hanya dua yang mungkin keluar dari mulut kita, Butiran mutiara atau silet tajam.

1 comment:

Anonymous said...

kayaknya nomi, kalau dah bicara jangan-jangan lebih 15.000 kata ya dek :)